Analisa Journal Pemodelan Desain Grafik
Pemodelan Desain Grafik#
Pada
postingan kali ini saya akan akan mencoba untuk menganalisa beberapa journal
mengenai Desain Pemodelan Grafik, disini saya akan menganalisa dari segi kelebihan
dan kekurangan dari setiap journal. Berikut ini adalah hasil dari analisa saya
terhadap beberapa jurnal:
1. Jurnal
Teknik ITS Vol. 1, No. 1(Sept. 2012) ISSN: 2301-9271
Pembuatan
Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual
Reality
Ø Kelebihan:
1.
Menampilkan gambar 3D dalam penyampain
informasi
2.
Menggunakan teknologi 3D yaitu virtual
reality. Virtual reality merupakan ruang digital dimana data input sudah
diprogram sebelumnya.
3.
Teknologi ini berjalan secara interaktif
karena terintegrasi antar objek di dunia nyata dan dunia maya.
4.
Interaksi antara virtual reality dan
augmented reality tidak dapat saling berbenturan atau bertabrakan. Disebabkan
karena proses pembacaan objek yang dibangun menggunakan teknik augmented
reality selalu diperbarui dan ditampilkan ditiap detik dalam proses perenderan,
sehingga objek 3D selalu tampil di atas marker yang terdeteksi oleh kamera.
Ø Kekurangan:
1.
Kurangnya memperhatikan faktor pencahayaan, karena dalam
proses pembacaan marker menjadi bermasalah jika kekurangan atau kelebihan
cahaya.
2.
Library plugin yang digunakan sebagai
mediasi antara ARToolKit dengan Unity 3D merpakan versi beta, sehingga masih
terdapat beberapa kekurangan jika digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang
lebih kompleks.
Gmabar: Aplikasi Tata Ruang 3D.
2. Jurnal
Media Informatika, Vol. 2, No. 2, Desember 2004, 33-45 ISSN: 0854-4743
PEMODELAN WAJAH
3D BERBASIS FOTO DIRI MENGGUNAKAN MAYA EMBEDDED LANGUAGE (MEL) SCRIPT
Ø Kelebihan:
1.
Dapat mengkonversi secara langsung obyek
foto diri secara digital dalam bentuk 2D menjadi obyek digital 3D.
2.
Menggunakan Maya Embedded Language (MEL)
commands yang dapat mempercepat pembuatan objek, pemindahan objek dengan tepat,
dan lebih efisien.
Ø Kekurangan:
1.
Keterbatasan dalam pemodelan menggunakan
mesh polygonal, dimana Jumlah polygon yang diperlukan untuk mendefinisikan
obyek yang komplek secara akurat akan sangat besar. Hal ini berimplikasi pada
memori yang digunakan dan waktu untuk proses render.
2.
Untuk membuat tipuan kehalusan,
memerlukan penggunaan polygon dan titik editing dalam jumlah besar.
Gambar: Proses keseluruhan Model Wajah 3D
Gambar: Output Hasil Modelling Wajah 3D
3. Jurnal
Sarjana Teknik Informatika e-ISSN: 2338-5197 Volume 1 Nomor 1, Mei 2014
Pemanfaatan
Teknik UVW Mapping untuk Desain Tampilan Mobil 3D
Ø Kelebihan:
1.
Menampilkan gambar 3D dalam penyampain
informasi
2.
Dengan memanfaatkan teknik uvw mapping
dan teknologi 3D dapat membantu dalam aplikasi ini dimana proses peletakan
racing stripe dan pemilihan warna dapat diciptakan dalam visualisasi 3D.
Ø Kekurangan:
1.
Masih adanya kekurangan pada prototype
aplikasi, dikarenakan proses seperti pemasangan stripes, load stripes dan load
stiker masih langsung menggunakan stripes yang sudah tersedia.
Gambar: Tampilan Mobil Dalam Visualisasi 3D
Gambar: Tersedianya Template Bagian Mobil
Sumber:
Ma sha Allah lagi cari-cari jurnal referensi, terima kasih ya!
BalasHapusSama sama, semoga bermanfaat
HapusSama sama, semoga bermanfaat
Hapus