Analisa Journal Pemodelan Desain Grafik

Pemodelan Desain Grafik#

Pada postingan kali ini saya akan akan mencoba untuk menganalisa beberapa journal mengenai Desain Pemodelan Grafik, disini saya akan menganalisa dari segi kelebihan dan kekurangan dari setiap journal. Berikut ini adalah hasil dari analisa saya terhadap beberapa jurnal:  
   

    1.      Jurnal Teknik ITS Vol. 1, No. 1(Sept. 2012) ISSN: 2301-9271


Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality
 Ø  Kelebihan:
1.         Menampilkan gambar 3D dalam penyampain informasi
2.         Menggunakan teknologi 3D yaitu virtual reality. Virtual reality merupakan ruang digital dimana data input sudah diprogram sebelumnya.
3.         Teknologi ini berjalan secara interaktif karena terintegrasi antar objek di dunia nyata dan dunia maya.
4.         Interaksi antara virtual reality dan augmented reality tidak dapat saling berbenturan atau bertabrakan. Disebabkan karena proses pembacaan objek yang dibangun menggunakan teknik augmented reality selalu diperbarui dan ditampilkan ditiap detik dalam proses perenderan, sehingga objek 3D selalu tampil di atas marker yang terdeteksi oleh kamera.
 Ø  Kekurangan:
1.         Kurangnya  memperhatikan faktor pencahayaan, karena dalam proses pembacaan marker menjadi bermasalah jika kekurangan atau kelebihan cahaya.
2.         Library plugin yang digunakan sebagai mediasi antara ARToolKit dengan Unity 3D merpakan versi beta, sehingga masih terdapat beberapa kekurangan jika digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang lebih kompleks.


Gmabar: Aplikasi Tata Ruang 3D.




    2.      Jurnal Media Informatika, Vol. 2, No. 2, Desember 2004, 33-45 ISSN: 0854-4743


PEMODELAN WAJAH 3D BERBASIS FOTO DIRI MENGGUNAKAN MAYA EMBEDDED LANGUAGE (MEL) SCRIPT

 Ø  Kelebihan:
1.         Dapat mengkonversi secara langsung obyek foto diri secara digital dalam bentuk 2D menjadi obyek digital 3D.
2.         Menggunakan Maya Embedded Language (MEL) commands yang dapat mempercepat pembuatan objek, pemindahan objek dengan tepat, dan lebih efisien.

 Ø  Kekurangan:
1.         Keterbatasan dalam pemodelan menggunakan mesh polygonal, dimana Jumlah polygon yang diperlukan untuk mendefinisikan obyek yang komplek secara akurat akan sangat besar. Hal ini berimplikasi pada memori yang digunakan dan waktu untuk proses render.
2.         Untuk membuat tipuan kehalusan, memerlukan penggunaan polygon dan titik editing dalam jumlah besar.


Gambar: Proses keseluruhan Model Wajah 3D



Gambar: Output Hasil Modelling Wajah 3D




    3.      Jurnal Sarjana Teknik Informatika e-ISSN: 2338-5197 Volume 1 Nomor 1, Mei 2014


Pemanfaatan Teknik UVW Mapping untuk Desain Tampilan Mobil 3D

 Ø  Kelebihan:
1.         Menampilkan gambar 3D dalam penyampain informasi
2.         Dengan memanfaatkan teknik uvw mapping dan teknologi 3D dapat membantu dalam aplikasi ini dimana proses peletakan racing stripe dan pemilihan warna dapat diciptakan dalam visualisasi 3D.

 Ø  Kekurangan:
1.         Masih adanya kekurangan pada prototype aplikasi, dikarenakan proses seperti pemasangan stripes, load stripes dan load stiker masih langsung menggunakan stripes yang sudah tersedia.


Gambar: Tampilan Mobil Dalam Visualisasi 3D



Gambar: Tersedianya Template Bagian Mobil


Sumber:

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komputasi Modern Pemodelan Dunia Nyata Dengan Aplikasi Simulasi

Menganalisa Suatu WEB

GAMES WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE