Komputasi Modern Pemodelan Dunia Nyata Dengan Aplikasi Simulasi

Tugas 2_PENGANTAR KOMPUTASI MODERN#

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai komputasi modern pemodelan dunia nyata dengan aplikasi simulasi, pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai apa itu komputasi modern tetapi saya akan mencoba jelaskan kembali sedikit mengenai apa itu komputasi modern dan aplikasi simulasi, pada aplikasi simulasi terdapat banyak aplikasi untuk pemodelan simulasi namun pada hal ini saya lebih menekankan apkikasi simulasi OMNet++, berikut ini penjelasannya:

Pengertian Komputasi
Komputasi diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel.

 Pengertian Komputasi Modern
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.  Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1.      Akurasi (big, Floating point)
2.      Kecepatan (dalam satuan Hz)
3.      Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4.      Modeling (NN & GA)
5.      Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Pemrograman simulasi
Pemrograman simulasi adalah suatu ilmu programming yang mempelajari tentang bagaimana memanipulasi sebuah model sedemikian rupa dari sebuah sistem nyata. Tujuan dari pemrograman simulasi adalah sebagai berikut :
  1.   Untuk mempelajari perilaku sistem (behavior)
  2.   Untuk pelatihan / training
  3.  Untuk hiburan / permainan (game)
Pemrograman model simulasi, seperti yang disebutkan sebelumnya, dapat dilakukan menggunakan bahasa umum komputer (general purposes language) atau menggunakan bahasa simulasi. Satu bahasa simulasi tidak dapat menjadi alat yang tepat untuk semua kasus permodelan simulasi. menggunakan bahasa simulasi berasal dari keinginan untuk mempersingkat waktu yagn dibutuhkan untuk mengembangkan mdoel valid yang relatif mudah didebug  dan yang meneydiakan output statistik yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Beberapa Contoh Bahasa dan Aplikasi Simulasi

Ø  SimPy
SimPy (Simulation in Python) adalah bahasa simulasi orientasi objek, berbasis  proses kejadian diskrit didasarkan pada standar Python dan dikeluarkan di bawah GNU GPL. Menyediakan komponen model simualsi termasuk proses, untuk komponen aktif seperti pelanggan, pesan, peralatan dan sumber daya, untuk kompnen pasif yang membentuk kapasitas terbatas seperti server, counter pemeriksaan dan saluran.  Juga menyediakan variabel monitor untuk mengumpulkan statistik.  Variasi acak disediakan oleh modul acak standar Python. SimPy dilengkapi dengan kemampuan pengumpulan data. GUI dan paket plotting.  Mudah diinterface dengan paket lainnya, seperti statistik, GUI, lembar kerja, dan basis data. SimPy masih aktif dikembangkan oleh tim pengembang internasional. Dapat didownlaod dengan gratis.

Ø  JiST
JiST adalah engine kinerja tinggi simulasi kejadian diskrit yang dijalankan atas mesin virtual Java standar. JiST adalah prototip pendekatan general-purpose baru untuk membangun simulator kejadian diskrit, disebut dengan mesin virtual berbasis simulasi, yang menggabungkan sistem tradisional dan disain simulator berbasis bahasaJiST dikembangkan oleh Cornell Research Foundation, Inc. Dan gratis untu penggunaan non komersial.

Ø  Ptolemy Project
Ptolemy adalah proyek penelitian dan perangkat lunak yang berfokus ke disain sistem reaktif, menyediakan dukungan level tinggi untuk pemrosesan signal, komunikasi, dan kontrol waktu riil.

Ø  MODSIM III
Bahasa simulasi untuk orientasi objek dan proses.  MODSIM akhir-akhir ini dijual ke Compuware.

Ø  SIMPLE_1
SIMPLE_1 mendukung pemodelan sistem diskrit dan kontinu menggunakan orientasi pemodelan jaringan.  Fiturnya termasuk kemampuan pemakai untuk mendefinisikan variabel dan statistik yang dibutuhkan, melaksanakan operasi I/O pada file dan menganimasikan hasil simulasi dalam waktu riil menggunakan fitur bahasa yang ada.  SIMPLE_1 menggunakan pendekatan pengulangan untuk menjalankan kontrol untuk memfasilitasi pemodelan pencarian tujuan dan definisi panjang penjalanan (run length) berdasarkan perilaku model.  SIMPLE_1 sekarang dikeluarkan di bawah GNU GPL dan dikompile di bawah RedHat Linux.

Ø  SEMoLa
SEMoLa (Simple, Easy to use, MOdelling LAnguage) adalah bahasa bukan prosedural membangun model simulasi untuk penggerak kejadian/kontinu, sistem stokastik/deterministik, dikembangkan di Agricultural and Environmental Sciences Department, University of Udine (Italy). Sukses digunakan untuk memodelkan sistem biologi, ekologi dan pertanian pada skala berbeda dan level kompleks. Bahasa SEMoLaÊ terintegrasi yang menyederhanakan tugas pembangunan model, simulasi dan dokumentasi lebih jauh menyediakan kalibrasi, validasi, manajemen data, pembangunan jaringan neural, fitur unit verifikasi dan lainnya.

Ø  Pasion
Pasion adalah bahasa simulasi berorientasi objek. Mempunyai struktur proses/kejadian.  Source code diterjemahkan ke Pascal, kompatibel dengan Delphi v3 atau yang terbaru.  Dapat digunakan untuk memodelkan antrian, proses kontinu dan memungkinkan penggunaan paradigma Bond Graph.  Demo dapat didownload dari situs.

Ø  Parsec
Parsec adalah bahasa simulasi berbasis C, dikembangkan oleh Parallel Computing Laboratory di UCLA, untuk eksekusi paralel dan sekuensial mode simualsi kejadian diskrit.  Juga dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman paralel.  Tersedia dalam bentuk biner hanya untuk institusi akademisi.  Pengguna komersial dapat melakukan order pada Scalable Networks technologies.

Ø  Ns2
Ns adalah simulator kejadian diskrit yang ditargetkan pada peneltiian jaringan.   Ns menyedaikan dukungan mendasar untuk simulasi TCP, routing, and multicast protocols baik dengan jaringan kabel atau tanpa (lokal dan satelite). Ns dikembangkan oleh ISI, the Information Sciences Institute at the USC school of engineering. Source code penuh ns 2 dapat downloaded dan dapat dikompile ke berbagai platform, termasuk yang paling popular Unix flavours and Windows.

Ø  JSIM
JSIM adalah simulasi berbasis Java dan lingkungan animasi mendukung simulasi berbasis situs.  Dalam JSIM, mode simulasi mungkin dibangun menggunakan paket kejadian (paradigma penjadwalan-kejadian) atau dengan paket proses (paradigma interaksi-proses). Sebagai tambahan, perancang grafis (paket model) memungkinkan proses pemodelan dengan cepat mdibangun secara grafis.  Paket qds (Query Driven Simulation) masih dalam pengembangan mengontrol penyimpanan, , penarikan dan eksekusi model simulasi sebagaimana Java Beans dan menggunakan JDBC untuk mengakses basis data. Juga menyimpan model input dan output. JSIM mempunyai 3 paket dasar: antrian, statistik dan variat.

Ø  OMNeT++
OMNeT++ adalah simulator kejadian diskrit berorientasi objek. Simulator dapat digunakan untuk pemodelan: protokol komunikasi, jarignan komputer dan pemodelan lalu lintas, multi-processors dan system terdistribusi, dan lain-lain. OMNeT++ mendukung animasi dan penjalanan. OMNet++ bersifat object-oriented berarti setiap peristiwa yang terjadi di dalam simulator ini berhubungan dengan objek-objek tertentu.
OMNet++ juga menyediakan infrastruktur dan tools untuk memrogram simulasi sendiri. Pemrograman OMNet++ bersifat object-oriented dan bersifat hirarki. Objek-objek yang besar dibuat dengan cara menyusun objek-objek yang lebih kecil. Objek yang paling kecil disebut simple module, akan memutuskan algoritma yang akan digunakan dalam simulasi tersebut.
Berbagai tipe objek pada OMNet++ adalah :
1.      Module (Simple Module dan Compound Module) adalah objek yang kita buat, kita program dan kita susun. Compound Module adalah sebuah modul yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa Simple Module.
2.      Gate adalah pintu keluar/masuk message. Setiap modul hanya bisa berinteraksi dengan modul lainnya melalui gate.
3.      Message adalah komunikasi yang dilakukan antar modul. Message adalah konsep inti dari simulasi OMNet++. Sebuah modul bisa mengirimkan messagepada modul lain atau dirinya sendiri (self message).
4.      Connection adalah jalur tempat dimana message mengalir. Disini kita bisa mendefinisikan parameter/variabel yang berkaitan dengan koneksi, misalnya hambatan udara, datarate dan lain sebagainya.

Instalasi OMNeT ++ di Windows platform


1.       Pertama Download OMNeT ++, Anda men-download OMNeT ++ untuk platform Windows pada http://www.omnetpp.org/omnetpp


2.       Klik OMNeT ++ Rilis (lihat panah merah ) .

3.       Kemudian , download OMNeT ++ Win32 xy ( sumber + ODE + MinGW.zip )


4.       Jika download , Anda akan mendapatkan file zip , yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini .


5.       Extract OMNeT ++ kompresi file ke dalam folder , misalnya , c : \ . Ini akan diekstraksi ke c \ omnetpp - x.y \ folder .

6.       Buka CMD . Anda dapat menjalankannya sebagai tingkat Administrator . Arahkan ke folder OMNeT ++ . kemudian ketik mingwenv.cmd.


7.       Setelah itu , Anda akan mendapatkan konsol MinGW . Di Terminal , ketik perintah berikut  ./configure.

8.       kemudian , ketik perintah ini untuk mengkompilasi  make.

9.       Jika sukses , Anda bisa mendapatkan output sebagai berikut


10.   Jalankan OMNeT ++ . Setelah diinstal , Anda dapat mengetik pada MinGW Terminal perintah berikut omnetpp

11.   Kemudian , Anda akan diminta untuk mengkonfigurasi folder Workspace.


12.   Klik tombol OK jika dilakukan . Sekarang Anda bisa melihat alat pengembangan OMNeT ++ .

13.   Pasang  library. Pada saat pertama kali Anda akan diminta untuk menginstal library, misalnya INET Framework


14.   Memeriksa semua library . Kemudian , klik tombol OK . OMNeT ++ akan menginstal library untuk Anda .


15.   Sekarang Anda siap untuk mengembangkan simulasi jaringan menggunakan OMNeT ++ .
   

Berikut ini hasil pembutan aplikasi menggunakan OMNet++


Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosedure Pembuatan NPWP Perusahaan

GAMES WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE