GAMES WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE
T3 SOFTSKILL
Nama : Dian
Agus
Pratama 52411018
Awaludin Azis
58411780
Fadhillah Harris Ramadhan 52411562
Kelas
: 3IA03
Mata
Kuliah : Pengantar Teknologi Game#
Dosen
:Yuli
Maharetta Arianti
GAMES WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE
PENDAHULUAN
Dalam 10 tahun terakhir, permainan
elektronik atau yang kita sering sebut dengan video game telah mengalami
kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat di kota-kota besar maupun
kecil, banyak sekali game center yang muncul. Game center itu sendiri tidak
seperti halnya warnet ataupun rental video game, mereka memiliki pelanggan tetap
yang lebih banyak daripada warnet ataupun rental video game.
Walaupun game ditujukan untuk berbagai
alasan seperti refreshing maupun bersenang-senang, game juga membawa dampak
yang besar terutama pada perkembangan pola belajar dan prestasi pelajar.
Walaupun pelajar dapat bersosialisasi dalam game dengan pemain lainnya tetapi
akhir-akhir ini banyak penggemar game terutama para pelajar meghabiskan waktu
mereka untuk bermain game online di warnet maupun game center lainnya sehingga
menghabiskan banyak uang mereka hanya sekedar untuk bermain game online.
Maka dari itu penulis ingin membuat suatu
game yang memberikan suatu pengetahuan kepada penggemar game khususnya bagi
para pelajar yaitu game Who Wants To Be A Milionare, Game ini berbasis
pendidikan dimana diharapkan dapat membuat para pemain lebih mengetahui
tentang ilmu serta pengetahuan yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya.
Maka dari itu, penulis ingin membuat game yang bukan hanya sekedar untuk
refreshing ataupun untuk bersenang-senang saja tetapi juga dapat menambah
wawasan ilmu pengetahuan bagi para penggemar game.
PEMBAHASAN
Berikut adalah
penjelasan tentang bagaimana cara membuat game wwtbam, langkah-langkahnya yaitu
database, pertanyaan, pengacakan soal,pilihan bantuan.
Database
Berikut ini adalah tampilan database pada
microsoft access :
Didalam satu pertanyaan terdapat 4 buah
soal yang diacak sehingga jumlah seluruh soal menjadi 60 buah soal karena
didalam game ini terdapat 15 pertanyaan yang tingkat kesulitannya berbeda-beda.
Game ini memiliki 2 buah level aman yaitu pada pertanyaan ke 5 yang bernilai Rp
2.000.000,00 dan pertanyaan ke 10 yang bernilai Rp 50.000.000,00.
Untuk menghubungkan antara database dengan
program delphi menggunakan ADOTable pada delphi lalu masuk ke object inspector
kemudian pilih connection string lalu klik build kemudian pilih Microsoft Jet
4.0 OLE DB Provider selanjutnya pilih direktori tempat penyimpanan database.
Menampilkan Pertanyaan
Lalu kita masukkan dua buah button untuk
menentukan kondisi "ya" atau "tidak". Lalu pada button "ya" masukkan script
seperti dibawah ini agar pertanyaan dapat muncul setelah kita menekan tombol ya
:
Script diatas berguna untuk menampilkan
tempat pilihan jawaban,sekarang kita akan mensinkronisasi antara record-record
yang ada pada database dan cara menampilkannya pada delphi. Pastikan bahwa
database telah terhubung dengan delphi menggunakan ADOTable. Selanjutnya kita
masukkan script dibawah ini tepat dibawah scrip untuk menampilkan pertanyaan :
Pengacakan Soal
Agar game ini menjadi lebih menarik kami
kondisikan dimana 1 pertanyaan akan memiliki 4 soal untuk diacak agar setiap
bermain soal yang tampilkan tidak sama walaupun ada kemungkinan sama. Untuk
mengacak soal-soal tersebut pada delphi kita akan menggunakan sebuah komponen
yang bernama edit, terdapat pada tab standard.
Pada dasarnya komponen edit digunakan untuk
menginput data,untuk mengacak soal tersebut kita gunakan metode delay. Komponen
edit hanya digunakan sebagai media pengacak soal,untuk itu kita buat method
baru bernama Acaksoal lalu masukkan script berikut ini :
Pilihan Bantuan
Adapun pada game ini pemain
diberikan 3 pilihan bantuan untuk membantu menjawab, 3 pilihan bantuan tersebut
adalah phone a friend, ask the audience, dan fifty fifty (50:50). Kami akan
menjabarkan setiap pilihan bantuan secara satu per satu.
Phone a Friend
Pilihan bantuan adalah apabila
user menekan icon bantuan ini maka program seakan-akan menghubungi relasi dari
user tersebut, kemudian akan memberikan jawaban yang benar. Jawaban akan
diberikan melalui message box. Adapun icon phone a friend sebagai berikut:
Cara membuatnya yaitu kita masukkan sebuah komponen bernama
image. Komponen ini berada pada tab Additional. Kemudian pada object inspector
kita pilih Picture lalu masukkan icon tersebut. Setelah itu kita double click
pada image tersebut dan masukkan script berikut kedalamnya :
Ask the Audience
Pilihan bantuan ini membuat program seolah-olah melemparkan
pertanyaan ke penonton dan penonton akan menjawab,kemudian user tetap diberikan
kebebasan untuk menjawab. Icon ask the audience adalah seperti ini:
Cara membuatnya yaitu masukkan komponen image
lalu masuk kedalam object inspector, kemudian pada Picture masukkan icon tadi
dan masukkan script berikut ini kedalam image tersebut:
Pada pilihan bantuan ini kita akan
menggunakan chart .Komponen
ini berada pada tab Additional.
Fifty Fifty (50:50)
Konsep dari pilihan bantuan ini adalah
menghilangkan dua dari empat buah jawaban yang salah,sehingga hanya tertinggal
dua jawaban yang salah satunya benar. Icon dari pilihan bantuan ini adalah
seperti ini:
Sama seperti dua pilihan bantuan
sebelumnya,kita akan menggunakan image. Jangan lupa untuk memasukkan icon
dengan cara klik Picture kemudian masukkan icon. Selanjutnya kita masukkan
script dibawah ini kedalam icon fifty fifty:
Uji Coba Aplikasi
Berikut ini akan kami
sajikan uji coba aplikasi,pertama-tama yaitu initial state pada saat kita
memulai permainan
Gambar
dibawah ini adalah kondisi dimana kita akan mengkorfirmasi jawaban yang kita
pilih sudah yakin dan benar
Dibawah
ini adalah kondisi apabila kita salah dalam menjawab pertanyaan
Dibawah ini adalah kondisi jika kita memilih pilihan bantuan
phone a friend
Dibawah ini adalah kondisi jika kita memilih pilihan ask the
audience
Dibawah ini adalah kondisi jika kita memilih pilihan fifty
fifty (50:50)
Game
WWTBAM ( Who Wants To Be A Milionare ) yang kami buat ini akan membantu para
pemain unutk dapat memainkan permainan yang sangat mendidik bagi para
pemainnya. Dengan tampilan yang menarik serta role atau cara permaian yang
jelas maka pemain tidak akan disulitkan dalam mengikuti alur permaianan
tersebut.
Game
yang berbasis pendidikan ini akan membuat para pemain lebih mengetahui tentang
ilmu serta pengetahuan yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya. Maka dari
itu, game ini sangat bagus untuk dimainkan karena pemain yang memainkan game
ini akan mendapatkan ilmu pengatahuan yang lebih luas lagi.
Karena
hal diatas itulah maka game WWTBAM ( Who Wants To Be A Milionare ) merupakan
game yang sangat bagus untuk dapat dimainkan oleh siapapun karena dapat membuat
para pemain ilmu pengetahuan yang belum mereka ketahui sebelumnya, serta dapat
memberikan tantangan untuk dapat memenangkan serta menyelesaikan game tersebut.
Mungkin
masih banyak kekurangan dalam penulisan serta pembuatan game ini. Maka dari
itu, penulis menyarankan agar para pemain serta pembaca untuk lebih
mengembangkan game yang telah kami buat ini.
Penulis
juga menyarankan agar para pemain yang ingin memainkan permainan ini agar tidak
mudah menyerah dalam menjawab pertanyaan dan menjawabnya dengan benar. Karena
itulah maka para pemain harus lebih banyak mencari referensi serta informasi
yang dibutuhkan dalam menyelesaikan game Who Wants To Be A Milionare ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/
http://www.ummi.ac.id/ti/konvert_pdf.php?kode=VGxFOVBRPT0
http://harris-softskill.blogspot.com/2014/05/t2-perancangan-game-who-wants-to-be.html
http://stivasetiawan.wordpress.com/who-want-to-be-a-milliaunire/
Terimakasi atas infonya
BalasHapusSama sama, semoga bermanfaat..
Hapussulitnya
BalasHapuscara bikinnya dong...
BalasHapus