GAMES WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE

T3 SOFTSKILL
Nama                    : Dian Agus Pratama                52411018
                               Awaludin Azis                        58411780
       Fadhillah Harris Ramadhan     52411562
       Fairuzzabadi                           58411796
Kelas               : 3IA03
Mata Kuliah     : Pengantar Teknologi Game#
Dosen              :Yuli Maharetta Arianti



GAMES WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE





PENDAHULUAN

Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan video game telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat di kota-kota besar maupun kecil, banyak sekali game center yang muncul. Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet ataupun rental video game, mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet ataupun rental video game.
Walaupun game ditujukan untuk berbagai alasan seperti refreshing maupun bersenang-senang, game juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan pola belajar dan prestasi pelajar. Walaupun pelajar dapat bersosialisasi dalam game dengan pemain lainnya tetapi akhir-akhir ini banyak penggemar game terutama para pelajar meghabiskan waktu mereka untuk bermain game online di warnet maupun game center lainnya sehingga menghabiskan banyak uang mereka hanya sekedar untuk bermain game online.
Maka dari itu penulis ingin membuat suatu game yang memberikan suatu pengetahuan kepada penggemar game khususnya bagi para pelajar yaitu game Who Wants To Be A Milionare, Game ini berbasis pendidikan dimana  diharapkan dapat membuat para pemain lebih mengetahui tentang ilmu serta pengetahuan yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya. Maka dari itu, penulis ingin membuat game yang bukan hanya sekedar untuk refreshing ataupun untuk bersenang-senang saja tetapi juga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi para penggemar game.


PEMBAHASAN


Pembuatan game

Berikut adalah penjelasan tentang bagaimana cara membuat game wwtbam, langkah-langkahnya yaitu database, pertanyaan, pengacakan soal,pilihan bantuan.

Database

Pada bagian pertanyaan, game ini memiliki metode yaitu menghubungkan dengan database berbasis microsoft access. Didalam database tersebut terdapat beberapa field yaitu nomor, soal, jawaban_a, jawaban_b, jawaban_c, jawaban_d dan kunci_jawaban.
Berikut ini adalah tampilan database pada microsoft access :


Didalam satu pertanyaan terdapat 4 buah soal yang diacak sehingga jumlah seluruh soal menjadi 60 buah soal karena didalam game ini terdapat 15 pertanyaan yang tingkat kesulitannya berbeda-beda. Game ini memiliki 2 buah level aman yaitu pada pertanyaan ke 5 yang bernilai Rp 2.000.000,00 dan pertanyaan ke 10 yang bernilai Rp 50.000.000,00.
Untuk menghubungkan antara database dengan program delphi menggunakan ADOTable  pada delphi lalu masuk ke object inspector kemudian pilih connection string lalu klik build kemudian pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider selanjutnya pilih direktori tempat penyimpanan database.

Menampilkan Pertanyaan

Setelah database dan delphi telah terhubung kita atur agar setiap label pada delphi dapat menampilkan pertanyaan, maka dari itu kita masukkan 5 buah label. Pertama kita akan menampilkan tempat pilihan jawaban. Gunakan label yang terdapat pada tab standard.
Lalu kita masukkan dua buah button untuk menentukan kondisi "ya" atau "tidak". Lalu pada button "ya" masukkan script seperti dibawah ini agar pertanyaan dapat muncul setelah kita menekan tombol ya :



Script diatas berguna untuk menampilkan tempat pilihan jawaban,sekarang kita akan mensinkronisasi antara record-record yang ada pada database dan cara menampilkannya pada delphi. Pastikan bahwa database telah terhubung dengan delphi menggunakan ADOTable. Selanjutnya kita masukkan script dibawah ini tepat dibawah scrip untuk menampilkan pertanyaan :



Pengacakan Soal

Agar game ini menjadi lebih menarik kami kondisikan dimana 1 pertanyaan akan memiliki 4 soal untuk diacak agar setiap bermain soal yang tampilkan tidak sama walaupun ada kemungkinan sama. Untuk mengacak soal-soal tersebut pada delphi kita akan menggunakan sebuah komponen yang bernama edit, terdapat pada tab standard.
Pada dasarnya komponen edit digunakan untuk menginput data,untuk mengacak soal tersebut kita gunakan metode delay. Komponen edit hanya digunakan sebagai media pengacak soal,untuk itu kita buat method baru bernama Acaksoal lalu masukkan script berikut ini :



Pilihan Bantuan

       Adapun pada game ini pemain diberikan 3 pilihan bantuan untuk membantu menjawab, 3 pilihan bantuan tersebut adalah phone a friend, ask the audience, dan fifty fifty (50:50). Kami akan menjabarkan setiap pilihan bantuan secara satu per satu. 


Phone a Friend

        Pilihan bantuan adalah apabila user menekan icon bantuan ini maka program seakan-akan menghubungi relasi dari user tersebut, kemudian akan memberikan jawaban yang benar. Jawaban akan diberikan melalui message box. Adapun icon phone a friend sebagai berikut:


Cara membuatnya yaitu kita masukkan sebuah komponen bernama image. Komponen ini berada pada tab Additional. Kemudian pada object inspector kita pilih Picture lalu masukkan icon tersebut. Setelah itu kita double click pada image tersebut dan masukkan script berikut kedalamnya :




Ask the Audience

       Pilihan bantuan ini membuat program seolah-olah melemparkan pertanyaan ke penonton dan penonton akan menjawab,kemudian user tetap diberikan kebebasan untuk menjawab. Icon ask the audience adalah seperti ini:


Cara membuatnya yaitu masukkan komponen image lalu masuk kedalam object inspector, kemudian pada Picture masukkan icon tadi dan masukkan script berikut ini kedalam image tersebut:


Pada pilihan bantuan ini kita akan menggunakan chart .Komponen ini berada pada tab Additional.

Fifty Fifty (50:50)

Konsep dari pilihan bantuan ini adalah menghilangkan dua dari empat buah jawaban yang salah,sehingga hanya tertinggal dua jawaban yang salah satunya benar. Icon dari pilihan bantuan ini adalah seperti ini:
Sama seperti dua pilihan bantuan sebelumnya,kita akan menggunakan image. Jangan lupa untuk memasukkan icon dengan cara klik Picture kemudian masukkan icon. Selanjutnya kita masukkan script dibawah ini kedalam icon fifty fifty:



Uji Coba Aplikasi

         Berikut ini akan kami sajikan uji coba aplikasi,pertama-tama yaitu initial state pada saat kita memulai permainan




Berikut ini adalah kondisi dimana kita akan konfirmasi melaju ke pertanyaan selanjutnya



Gambar dibawah ini adalah kondisi dimana kita akan mengkorfirmasi jawaban yang kita pilih sudah yakin dan benar




Dibawah ini adalah kondisi apabila kita salah dalam menjawab pertanyaan






Dibawah ini adalah kondisi jika kita telah menjawab pertanyaan dengan benar dan mencapai angka 1 Miliar


Dibawah ini adalah kondisi jika kita memilih pilihan bantuan phone a friend





Dibawah ini adalah kondisi jika kita memilih pilihan ask the audience




Dibawah ini adalah kondisi jika kita memilih pilihan fifty fifty (50:50)






PENUTUP

Kesimpulan

Game WWTBAM ( Who Wants To Be A Milionare ) yang kami buat ini akan membantu para pemain unutk dapat memainkan permainan yang sangat mendidik bagi para pemainnya. Dengan tampilan yang menarik serta role atau cara permaian yang jelas maka pemain tidak akan disulitkan dalam mengikuti alur permaianan tersebut.
Game yang berbasis pendidikan ini akan membuat para pemain lebih mengetahui tentang ilmu serta pengetahuan yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya. Maka dari itu, game ini sangat bagus untuk dimainkan karena pemain yang memainkan game ini akan mendapatkan ilmu pengatahuan yang lebih luas lagi.
Karena hal diatas itulah maka game WWTBAM ( Who Wants To Be A Milionare ) merupakan game yang sangat bagus untuk dapat dimainkan oleh siapapun karena dapat membuat para pemain ilmu pengetahuan yang belum mereka ketahui sebelumnya, serta dapat memberikan tantangan untuk dapat memenangkan serta menyelesaikan game tersebut.

Saran

Mungkin masih banyak kekurangan dalam penulisan serta pembuatan game ini. Maka dari itu, penulis menyarankan agar para pemain serta pembaca untuk lebih mengembangkan game yang telah kami buat ini.
Penulis juga menyarankan agar para pemain yang ingin memainkan permainan ini agar tidak mudah menyerah dalam menjawab pertanyaan dan menjawabnya dengan benar. Karena itulah maka para pemain harus lebih banyak mencari referensi serta informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan game Who Wants To Be A Milionare ini.

DAFTAR PUSTAKA


http://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/
http://www.ummi.ac.id/ti/konvert_pdf.php?kode=VGxFOVBRPT0
http://harris-softskill.blogspot.com/2014/05/t2-perancangan-game-who-wants-to-be.html
http://stivasetiawan.wordpress.com/who-want-to-be-a-milliaunire/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komputasi Modern Pemodelan Dunia Nyata Dengan Aplikasi Simulasi

Menganalisa Suatu WEB